Jumat, 09 Juni 2017

Manfaat Daun Sawo Untuk Kesehatan

DAUN SAWO
===========>>

Daun sawo masih jarang digunakan sebagai daun herbal karena selama ini banyak orang yang hanya mengonsumsi buah sawo saja tanpa mengetahui khasiat tersembunyi yang ada di dalam daunnya. Bagian dari tumbuhan sawo yang juga berkhasiat untuk menyehatkan tubuh yaitu bagian daun dan memang ternyata daun ini memiliki khasiat serta manfaat yang sangat bagus untuk kesehatan tubuh di antaranya daun sawo ini sendiri memiliki khasiat serta manfaat yang sama dengan Titan Gel yaitu  sama2 mampu meningkatkan kesehatan tubuh hingga jaringan organ vitalitas secara alami . Daun sawo mengandung cukup banyak senyawa dengan manfaat yang luar biasa. Itulah kenapa Anda patut mencoba khasiat serbaguna dari daun ini.

Sawo adalah anggota dari keluarga Sapotaceae. Di Meksiko, pohon Sawo ditanam secara komersial untuk bahan baku permen karet. Konsumsi buah Sawo sangat dianjurkan dalam pengobatan herbal karena memiliki manfaat obat yang tak terhitung. Buah Sawo berwarna coklat dengan tekstur daging buah seperti kiwi tapi kulit luar lebih halus. Selain buahnya, manfaat daun Sawo pun bisa digunakan untuk mengobati penyakit.

Sawo datang dari Amerika Tengah dan Meksiko. Di Indonesia, sawo umumnya dibudidayakan sebagai tanaman pekarangan untuk di nikmati buahnya, terutama di daerah Sumatera, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, dan Nusa Tenggara Barat.

Biji sawo berwarna hitam berkilat atau coklat kehitaman. Memiliki bentuk pipih dan besar. Biji sawo memiliki kandungan saponin, kuersetin, dan minyak sejumlah 23 persen. Biji sawo baiknya tidak dikonsumsi lantaran kandungan asam hidrosianik yang cukup tinggi dapat jadi toksin. Disamping itu, bunga sawo yaitu bahan paling utama pembuatan parem, yaitu bubuk obat tradisional yang digosok-gosokkan pada semua badan pada ibu yang baru melahirkan.

Rasa buah sawo yang manis itu, bikin buah itu banyak penggemarnya. Rasa buah yang manis dikarenakan kandungan gula dalam daging buah dengan kandungan 16-20 persen. Bukan sekedar gula, dalam daging buah sawo ada juga lemak, protein, vitamin A, B, dan C, mineral besi, kalsium, serta fosfor.

Sawo yang siap dikonsumsi yakni sawo masak. Buah mentah tidak enak dikonsumsi lantaran keras. Rasa-rasanya pahit dan kelat karena tingginya kandungan tanin dan kaustik. Sawo yang berkwalitas baik yakni sawo yang empuk dan berwarna coklat tua.

Persoalan bentuk dan besarnya tidak jadi permasalahan, yang terutama kulitnya mesti mulus. Jangan sampai pilih sawo yang ada luka, goresan, atau lubang sekecil apa pun. Diluar itu, jangan sampai pilih sawo yang memiliki bekas getah di bagian kulit. Sawo yang kulitnya cacat memiliki daging sisi bawah yang rusak atau keras.


manfaat dan khasiat daun sawo, kami berikan rincian penjelasan tentang beberapa kegunaan daun ini untuk kesehatan Anda. Berikut ini informasinya.
=========================================================>>
1. Obat influenza

Khasiat daun sawo yang pertama yaitu sebagai daun yang ampuh untuk mengobati influenza atau sering disebut dengan penyakit flu. Daun ini akan membuang virus yang menjadi penyebab munculnya flu di tubuh Anda.

2. Mengatasi radang

Khasiat daun sawo untuk dijadikan obat radang dapat Anda gunakan dalam menyembuhkan radang, terutama peradangan yang terjadi di tenggorokan. Daun ini berfungsi sebagai pelega tenggorokan dan mengatasi radang.

3. Mengobati diare

Khasiat daun sawo dalam menyembuhkan diare bisa dikatakan cukup bagus. Pasalnya, daun ini akan menghentikan gejala diare seperti perut mulas dan kembung. Setelah itu, kuman penyebab diare akan dibuang dari tubuh.

4. Obat borok

Manfaat daun sawo untuk kesehatan kulit dapat digunakan untuk mengobati borok. Borok adalah penyakit yang menyerang kulit Anda dan akan merusak jaringan kulit. Penyakit ini akan cepat mongering jika diobati dengan daun sawo.

5. Mengatasi kecing manis

Penyakit kencing manis adalah gejala gangguan kesehatan yang terjadi pada saluran kecing Anda. Hal tersebut bisa disebabkan karena kotornya saluran kencing oleh bakteri. Untuk mengatasinya, cobalah menggunakan khasiat daun sawo.

6. Melancarkan aliran darah

Salah satu kegunaan dari daun sawo yang tidak boleh dilewatkan yaitu melancarkan aliran darah. Daun ini mampu menjadi daun herbal tanpa efek samping untuk membuat peredaran darah ke seluruh tubuh Anda senantiasa lancar.

7. Membuat tubuh lebih bugar

Kebugaran tubuh merupakan salah satu kriteria dari tubuh yang sehat. Bugarnya tubuh Anda merupakan tanda dari tubuh yang tidak mudah lelah serta letih. Cobalah menggunakan daun sawo untuk menambah kebugaran di tubuh Anda.

Buah sawo sangat riskan tercemar mikroba lantaran kandungan air dan zat gizinya yang tinggi. Geotrichum candidum, Cladosporum oxysporium, dan Penicillium italicum yakni contoh mikroba yang kerap ada pada buah sawo.

Kandungan gizi buah sawo.
Buah sawo memiliki kandungan mineral cukup baik. Kandungan kaliumnya, 193 mg/100 g. Sawo juga memiliki kandungan natrium, 12 mg/100 g. Perbandingan kandungan kalium dan natrium yang meraih 16 : 1 jadikan sawo sangat baik untuk jantung dan pembuluh darah. Terkecuali kaya kalium, sawo juga memiliki kandungan beberapa mineral paling utama yang lain.

Kandungan mineral per 100 gr buah sawo :
kalsium ……….. 21 mg
magnesium ……12 mg
fosfor …………. 12 mg
selenium ………0, 6 mg
seng …………… 0, 1 mg
tembaga ………0, 09 mg
vitamin C ……… 14, 7 mg

Konsumsi 100 gr sawo dapat penuhi 24, 5 persen keperluan badan bakal vitamin C keseharian. Vitamin C dapat bereaksi dengan bermacam mineral di dalam badan. Vitamin C bertindak utama dalam metabolisme tembaga. Diluar itu, konsumsi vitamin C dalam jumlah cukup dapat menolong tingkatkan penyerapan zat besi.

Vitamin C dapat juga berhubungan dengan beragam vitamin lain, seperti vitamin E yang berperan sebagai anti-oksidan. Buah sawo juga memiliki kandungan asam folat, 14 mkg/100 g. Asam folat diperlukan badan untuk pembentukan sel darah merah. Asam folat dapat juga menolong mencegah terbentuknya homosistein yang sangat beresiko untuk kesehatan.

Manfaat dan Khasiat Daun Sawo Lainnya:

    Mencegah kanker
    Menyehatkan jaringan sel
    Menjaga daya tahan tubuh
    Mengontrol tekanan darah
    Baik untuk kesehatan mulut


Pakar kewsehatan dalam penelitiaannya mengatakan, Buah sawo memiliki kandungan mineral yang cukup baik. Sawo, katanya. Merupakan sumber kalium yang banyak. Hampir, 193Mg/100 Gram.

Dari Buah Sawo, juga mengandung Kadar Natrium yang rendah, hanya 12 Mg/100 Gram.Bila dibandingkan, dengan kandungan Kalium dan natrium, hanya mencapai 16 : 1, sewhingga kan Buah sawo sangat baik Jantung dan Pembulu Darah.

Buah Sawo juga, memiliki jenis Vitamin. Sebab, Buah Sawo mengandung Riboflavin, Niasin, B6, dan Vitamin A. Sehingga, Buah sawo dapat digunakan sebagai sumber Vitamin dan Mineral.

Disampinmg itu, mengkonsumsikan Buah Sawo, hal biasa. Tapi, bisa luar biasa, dan tidak diberikan kepada Bayi aatau Belita. Karena, getahnya dapat mengganggu saluraan pencernaan.

Bahkan, Buah Sawo juga mewngandung Vitamin E, yang sangat dibutuhkan kulit, kita. Karena, Vitamin E, dapat membuat kulit kita tanpak lebih bersih dan dapat menjaga kelembaban dan dapat mencegah penuaandini atau keriput pada kulit.

Daun sawo akan tidak hanya menyehatkan tubuh Anda, tapi mengobati beberapa penyakit. Bagaimana cara menggunakan daun ini sebagai obat? Cara tradisionalnya yang paling mudah yaitu dengan menumbuknya sampai halus dan mengambil sari patinya. Selain itu, Anda juga bisa meminum air rebusan daun sawo untuk dijadikan obat herbal. Anda bisa menyembuhkan penyakit luar yang ada pada beberapa bagian kulit dengan daun hijau yang satu ini.

Memang pohon Sawo itu kaya manfaat, Karena kandungan tannin, buah Sawo muda yang direbus dan kemudian air rebusannya diminum ternyata bisa untuk menghentikan diare. Rebusan buah muda dan bunga pohon Sawo bila dikonsumsi pun bisa untuk meringankan keluhan penyakit paru. Kulit pohon Sawo diyakini bisa sebagai obat penurun panas dan juga untuk menghentikan diare dan disentri. Biji yang ditumbuk halus dan kemudian diseduh dan diminum memiliki efek diuretik dan bisa menyehatkan kandung kemih serta menghancurkan batu ginjal. Ekstrak biji Sawo bisa juga sebagai obat penenang dan obat tidur. Rebusan buah Sawo dan daun Labu Siam yang diminum setiap hari sangat berguna untuk menurunkan tekanan darah. Sementara manfaatnya untuk pengobatan luar adalah biji Sawo yang ditumbuk halus bisa diterapkan mengobati sengatan dan gigitan binatang berbisa. Getah yang keluar dari buah Sawo mentah banyak digunakan di daerah tropis untuk menambal gigi berlubang.
Share:

1 komentar:

  1. Sy sdh coba sekali, rasa nya enak hnya getah nya terlalu terasa dan setelah sy konsumsi selang 1 jam terasa tdk enak di perut dan keluar keringat dingin...kenapa ya ?

    BalasHapus

Macam Mcam Produk

BANK PEMBAYARAN TRANSFER

JASA PENGIRIMAN PAKET

BARANG AMAN BERGARANSI